toyota-etios-sedan

Toyota Etios Sedan Masuk Indonesia untuk Taksi?

Toyota Etios sedan terdaftar dalam status proses masuk ke Indonesia (belum mendapat izin) menurut catatan Tanda Pendaftaran Tipe dari Kementerian Perindustrian. Dugaan awal bahwa ia akan menjadi bagian armada taksi di Indonesia pun terkonfirmasi melalui sumber yang mengetahui rencana ini.

“Untuk taksi, sama seperti Limo (Vios baru),” ujar sumber tersebut. Limo sendiri saat ini memang sudah dibidik dan disiapkan sebagai armada taksi. Hal ini pun menunjukkan bahwa sedan-sedan Toyota ini diminati sebagai armada personal tersebut.

Toyota Etios sedan sendiri didaftarkan atas nama PT Toyota Astra Motor dengan informasi sedan berkapasitas mesin 1.500 cc dan transmisi manual (TOYOTA Etios Sedan1.5 M/T) pada Jumat, 17 Mei 2013. Statusnya masih ‘proses’.

Pembaca Otosia Iswahyudi Hanafiah sejak jauh hari sudah memberikan desain revisi terhadap mobil yang dipasarkan di Indonesia. Saat itu ia punya pendapat soal Toyota Etios versi sedan sebagai taksi.

Iswahyudi pun sepakat bahwa walaupun kurang diminati karena bentuknya, Toyota Etios unggul dalam hal kapasitas bagasi yang mencapai 562 liter. Untuk membuatnya sedikit akrab dan merakyat, ia pun coba mengalih-desainkan tampilan taksi Etios tersebut menjadi kendaraan umum personal yang biasa beredar dan dipakai oleh konsumen di Indonesia, khususnya di beberapa kota besar dan DKI Jakarta.

Soal ukuran, Etios sedan punya panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.510 mm dan dengannya memiliki kapasitas kabin yang mumpuni. Mesinnya pun 4-silinder, 16 Valve DOHC berkapasitas 1.197 cc, alias mesin yang cenderung hemat.(

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>